Cara Merawat Kuku Bayi

Melakukan perawatan kuku bayi setiap harinya sangatlah penting karena tangan adalah tempat berkumpulnya kuman serta bakteri. Kuku bayi yang lebih rapuh dan lembut dari kuku anak-anak, tetapi bukan berarti tidak tajam. Kuku tangan tumbuh sangat cepat, maka para orang tua harus memotongnya beberapa kali seminggu, jika terlalau panjang bisa melukai bayi itu sendiri. Kuku pada kaki lebih lamban tumbuhnya, anda perlu memotongnya dalam beberapa kali sebulan. Penjelasan diatas merupakan pertumbuhan normal pada kuku. Merawat kuku bayi memerlukan kehati-hatian dan juga ketelitian.
Saat tidur merupakan waktu yang bagus untuk melakukan perawatan kuku bayi atau melakukan perawatan kuku bayi dilakukan  setelah anda memandikan bayi karena disaat itu kuku menjadi lembut dan rapuh. Gunakan gunting kuku bayi yang dibuat khusus untuk dipergunakan pada jari-jarinya yang mungil. Jika anda ingin memtong mempergunakan gunting kuku khusus bayi ini, anda perlu menggunakannya secara berhati-hati, potong kukunya jauh dari kulit pada jari bayi untuk menghindari luka pada kulit jarinya saat anda memotong, dan pegang kuat pada tangannya tetapi jangan terlalu kuat. Perawatan kuku bayi ini lebih baik didampingi dengan orang dewasa lainnya karena akan lebih memudahkan anda.
Jika anda memotong terlalu dekat dengan kulit jari, dan ujung jari bayi akan berdarah, maka hal ini dapat menimbulkan resiko infeksi. Dan jika anda tidak sengaja melukai kulitnya, anda tidak perlu mengkhawatirkannya.  Gunakan kapas basah dan tempelkan secara perhalan kapas tadi pada jari yang luka, maka pendarahan akan segera berhenti dan jangan mempergunakan plester untuk menutupi luka. Disaat anda melakukan perawatan kuku bayi pastikan anda memiliki cukup pencahayaan. Memotong kuku bayi dengan cara menggigit kuku bayi memang mudah dilakukan tapi tau kah anda, dengan cara menggigit ini akan menempelkan kuman bakteri di mulut anda ke jari atau tangan bayi. Anda juga bisa mencoba menggunakan sarung tangan atau kaus kaki sebagai cara perawatan kuku bayi.

Berikut ini saya menjelaskan tips merawat kuku bayi baru lahir dan juga bagaimana memotong kuku bayi dengan aman:

    Persiapkan segala yang anda perlukan dalam perawatan kuku bayi, hal yang sangatlah penting bagi ibu ialah melakukannya dengan perasaan tidak tegang dan juga tenang, anggap saja anda sudah sering melakukannya. Jari tangannya yang sangat mungil dan lembut ini tidak ingin kita lukai dengan hal apapun.
    Siapkan gunting yang khusus untuk kuku bayi, jangan gunakan gunting kuku orang dewasa, karena ukurannya yang besar dan dikhawatirkan beresiko terhadap jari bayi. Bersihkan dengan kapas yang sudah dibasahai dengan alkohol 70% pada ujung gunting kuku khusus bayi, agar menjaga dari segala sesuatu dari kuman dan bakteri yang menenpel pada gunting kuku.
   Pegang satu persatu jari bayi pada saat memotong kukunya, tekan sedikit ujung jari ke bagian bawah kuku agar menghindari terkena gunting kuku. Anda tidak perlu memotong habis kuku, sisakan sedikit kira-kira 1mm untuk menghindari terjadinya resiko terluka pada jari bayi.
Jika ada kotoran yang menempel dikuku, Bersihkan lah menggunakan cotton bud yang sudah dibasahi dengan air hangat. Jangan pernah sesekali anda membersihkan kotoran menggunakan benda yang tajam seperti ujung gunting kuku.
Cara Merawat Kuku Bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mirotales1

Posting Komentar