Cara Merawat Kuku Panjang

Mempunyai Kuku panjang, bersih dan berkilau merupakan dambaan setiap wanita, kualitas kuku ini bisa disebut sebagai kuku yang sehat. Pertumbuhan kuku memang sangat cepat, setiap bulan akan tumbuh sekitar 3mm. Agar kuku tidak mudah patah dan tetap terawat, maka jangan lupa untuk merawat. Berikut tipsmerawat kuku panjang yang benar:
1. Perawatan yang lembut
Kuku terlihat Memiliki struktur yang kuat, sebagai contoh kuku bisa disambung dan juga dicat berulang-ulang kali, tetapi kuku juga membutuhkan yang namanya perawatan, sama halnya dengan kulit anda. Jika anda tidak ingin pertumbuhan kuku menjadi terhambat, salah satu cara yang terbaik ialah dengan mencuci dan mengeringkan kuku secara rajin atau rutin. Dengan cara membasahi kuku, maka akan bisa melembabkan kuku itu. Dan perhatikan juga setelah tangan dan kuku kering, gunakanlah lotion yang menggandung lanolin yang berguna sebagai pelembab ekstra kuku anda.

2. Menikur
Rajin-rajinlah anda untuk menikur karena dapat mencegah keretakan kuku. Hasulkan kuku dengan alat kikir kuku dan bentuklah ujung kuku menjadi oval. Dan yang perlu anda perhatikan jangan menggunakan cat kuku atau kutek terlalu sering, karena cat kuku mengandung bahan kimia yang bisa merusak kuku anda. Penggunaan aseton yang terlalu sering juga dapat merusak kuku anda, karena aseton menggandung alkohol yang dapat membuat kuku anda menjadi kering.

3. Ekstensi kuku
kuku yang pendek biasanya akan terlihat lebih sehat, jika anda menginginkan kuku yang panjang sebaiknya anda melakukan ekstensi kuku. Ekstensi kuku ini tidak berbahaya pada pertumbuhan kuku yang ada, tapi lebih rentan terhadap terjadinya infeksi jamur. Pastikan anda lebih teliti dalam memilih tempat perawatan kuku atau salon yang telah memiliki lisensi, karena mereka memperhatikan peralatan yang dipakai.

4. Mitos perawatan kuku yang salah
Jika pertumbuhan kuku dipengaruhi dari kekurangan gizi maka itu tidak benar, tetapi tidak terkecuali bagi anda memiliki kekurangan gizi yang parah. Pastikan asupan gizi anda tercekupi dengan mengkonsumsi bermacam-macam sayuran, buah, susu yang rendah lemak dan protein, dan juga gandum, seperti kacang-kacangan, daging unggas dan ikan.
4. Biotin
Biotin atau yang dikenal dengan vitamin H, dapat membantu dalam pertumbuhan kuku yang sehat. Tidak itu saja, biotin juga bagus untuk rambut agar lebih kuat. Perlu anda ketahui sebelum mengkonsumsi Biotin, berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

5. Menggunakan sabun batangan yang mengandung anti kuman
menggunakan sabun batang sebagai pembasmi bakteri atau kuman yang menempel dikuku, dengan cara memasukkan kedalam sela-sela kuku lalu garuk-garukkan pada sabun tersebut. Diamkan sebentar biar lebih efektif kerjanya. Setelah itu bilaslah dengan air hangat untuk mendapatkan kuku yang sehat dan bersih. Selain sabun, membersihkan kuku panjang juga bisa menggunakan bahan alami, seperti belimbing wuluh, bawang putih, garam, jeruk nipis. Bahan-bahan tersebut bermanfaat sebagai pembersih kuku dan juga memberi vitamin agar menyehatkan kuku.

Menggunakan air garam dalam membersihkan kuku dapat menghindarkan kuku dari serangan bakteri atau kuman. Rendam kuku selama 15 menit dalam air hangat yang sudah ditambah garam. Jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat bermanfaat untuk menghilangkan kusam pada kuku dan kuku terlihat lebih cemerlang. Manfaat bawang putih adalah untuk menguatkan kuku agar tidak mudah patah. Membersihkan kuku secara alami tidak memiliki efek samping bagi kesehatan kuku panjang. Maka dari itu sering-seringlah membersihkan kuku yang akan bertambah panjang agar terlihat sehat dan indah.
Cara Merawat Kuku Panjang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mirotales1

Posting Komentar